Kenapa orang dilarang pacaran????

Kali ini aq mau ngebahas tentang kenapa orang dilarang pacaran!
semoga bermanfaat buat kalian yang baca….
Ok langsung aja ya….?🙂

Sesuai denag fitrah yang ditetapkan Allah bahwa kehidupan manusia di dunia kini harus melalui pernikahan, penghamilan , kelahiran dan selanjutnya, makauntuk kepentigan itu sengaja diciptakanNYA  jenis berpasangan laki-laki dan perempuan , (QS:An-nisa:1)

۞ يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا [٤:١]

Wahai manusia, taqwalah pada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari nafs yang satu. Dan DIA ciptakan daripadanya pasangannya, dan DIA kembang biakkan dari keduanya lelaki dan perempuan yang banyak. Dan taqwalah (insyaflah) pada Allah yang kamu meminta pada-NYA dan berkasih sayang. Sesungguhnya Allah adalah penjaga (pengawas) atasmu.

antara kedua jenis ini diadakan sifat saling mengharapkan dan mendekati, dinamakan denagn penghargaan dan kasih sayang. (QS: Ar-rum:21).

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ [٣٠:٢١]

Dan dari Ayat-Ayat-NYA adalah DIA yang telah menciptakan kamu dari dirimu (bangsamu) pasangan, agar kamu tinggal bersamanya. Dan DIA jadikan diantara kamu pengharapan dan kasih sayang. Bahwa pada yang demikian ada Ayat bagi kaum yang memikirkan.

Sifat saling mendekati itu saja belum cukup untuk kehidupan dan perkembanagn manusia, karenanya pada kedua jenis itu diberikan sesuatu dinamakan syahwat yang denganya timbul gerak pembuahan dan penghamilan serta kelahiran tadi,(QS: Al-imran:14).

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِندَهُ حُسْنُ الْمَآبِ [٣:١٤]

Dihiasi bagi manusia itu mencintai syahwat (keinginan) dari perempuan dan anak-anak dan kekayaan yang banyak (bertumpuk) dari emas dan perak dan kuda tersedia (kendaraan) dan ternak dan ladang. Itulah kelengkapan hidup di dunia, dan Allah, pada-NYA tempat kembali terbaik.

Dalam hal memenuhi kehendak saling mendekati dengan syahwat inilah manusia diuji dalam kehidupanya, bersamaan denagn berbagai ujuian lain tentang yang buruk dan dan yang baik kemakmuran masyarakat, (QS: Al:A’raf: 11, QS:Hud:7.dan QS: Al-insan: 3)

QS: Al- a’raf:11

وَلَقَدْ خَلَقْنَاكُمْ ثُمَّ صَوَّرْنَاكُمْ ثُمَّ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ لَمْ يَكُن مِّنَ السَّاجِدِينَ [٧:١١]

Dan sungguh telah Kami ciptakan kamu, kemudian Kami beri bentuk, kemudian Kami katakan pada Malaikat:” Bersujudlah untuk Adam, lalu mereka bersujud, kecuali Iblis, dia tidak termasuk orang yang sujud.

QS: Hud:7

وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ وَكَانَ عَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۗ وَلَئِن قُلْتَ إِنَّكُم مَّبْعُوثُونَ مِن بَعْدِ الْمَوْتِ لَيَقُولَنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا إِنْ هَٰذَا إِلَّا سِحْرٌ مُّبِينٌ [١١:٧]

DIA-lah yang menciptakan samawat dan Bumi selama enam masa (hari) , dan adalah Arys-NYA (bangunan-NYA) diatas Alma’i (ada unsur air =Hydrogen), untuk menguji kamu siapa dari kamu yang lebih baik amalnya. Dan jika dikatakan bahwa kamu akan dibangkitkan sesudah maut (mati), maka berkatalah orang-orang kafir, bahwa ini hanyalah sihir yang nyata.

QS: Al-Insan: 3

إِنَّا هَدَيْنَاهُ السَّبِيلَ إِمَّا شَاكِرًا وَإِمَّا كَفُورًا [٧٦:٣]

Kami tunjuki dia garis Hukum, apakah dia bersyukur dan apakah jadi kafir.

Dalam ujian demikian ada manusia yang kalah dan yang menang. Pada umumnya mereka yang kalah mengalami nasib yang sangat menyedihkan penuh penyesalan, sedikit sekali yang sempat merobah posisi untuk perbaikan, mungkin disebabkan kezaliman, kebodohan atau kelemahan yang ada pada dirinya, (QS: An-nisa:27, dan QS:Al-ahzab:72).

 

QS: An-nisa: 27

وَاللَّهُ يُرِيدُ أَن يَتُوبَ عَلَيْكُمْ وَيُرِيدُ الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الشَّهَوَاتِ أَن تَمِيلُوا مَيْلًا عَظِيمًا [٤:٢٧]

Dan Allah ingin memberi tobat atasmu sedang orang-orang yang mengikuti syahwat agar kamu rubuh pada kerubuhan besar.

QS:Al-ahzab:72

إِنَّا عَرَضْنَا الْأَمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ أَن يَحْمِلْنَهَا وَأَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا الْإِنسَانُ ۖ إِنَّهُ كَانَ ظَلُومًا جَهُولًا [٣٣:٧٢]

Sesungguhnya Kami telah mengunjukkan amanat atas samawat (planet-planet) dan Bumi ini serta gunung-gunung, lalu keduanya menolak untuk memikulnya (membawanya) dan mereka merasa berat daripadanya, dan manusialah yang memikulnya (membawa akibatnya). Bahwa dia (manusia itu) adalah dzalim dan bodoh.

Mereka terbawa oleh pengaruh setan dalam pergaulan memenuhi syahwat diri., (QS:An-Nisa:27 dan QS: Al_an’aam:112)

QS:An-nisa:27

وَاللَّهُ يُرِيدُ أَن يَتُوبَ عَلَيْكُمْ وَيُرِيدُ الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الشَّهَوَاتِ أَن تَمِيلُوا مَيْلًا عَظِيمًا [٤:٢٧]

Dan Allah ingin memberi tobat atasmu sedang orang-orang yang mengikuti syahwat agar kamu rubuh pada kerubuhan besar.

QS:: Al-an’aam:112

يَوْمَ تَأْتِي كُلُّ نَفْسٍ تُجَادِلُ عَن نَّفْسِهَا وَتُوَفَّىٰ كُلُّ نَفْسٍ مَّا عَمِلَتْ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ [١٦:١١١]

Pada hari datang setiap diri (nafs) membela dirinya (di Akhirat nanti), dan dicukupkan (disempurnakan) setiap diri (nafs) itu apa yang dia amalkan dan mereka tidak di dzalimi.

Tentanfg ini Al-qur’an memperingatkan bahwa setan nyata menjadi musuh manusia dalam mencapai kemakmuran dan salah satu peranan penting yang dijalankanya ialah mendorong manusia memenuhi kehendak syahwat tanpa pernikahan,(QS:An-nisa:117,QS:Al-A’raf: 22, dan QS: An-nuur:21)

QS:An-nisa:117

 

إِن يَدْعُونَ مِن دُونِهِ إِلَّا إِنَاثًا وَإِن يَدْعُونَ إِلَّا شَيْطَانًا مَّرِيدًا [٤:١١٧]

Yang mereka seru selain DIA hanyalah perempuan, yang mereka seru hanyalah setan yang mengingini.

QS:Al-A’raf: 22

فَدَلَّاهُمَا بِغُرُورٍ ۚ فَلَمَّا ذَاقَا الشَّجَرَةَ بَدَتْ لَهُمَا سَوْآتُهُمَا وَطَفِقَا يَخْصِفَانِ عَلَيْهِمَا مِن وَرَقِ الْجَنَّةِ ۖ وَنَادَاهُمَا رَبُّهُمَا أَلَمْ أَنْهَكُمَا عَن تِلْكُمَا الشَّجَرَةِ وَأَقُل لَّكُمَا إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمَا عَدُوٌّ مُّبِينٌ [٧:٢٢]

Dia terangkan pada keduanya dengan fatamorgana, maka ketika keduanya merasakan syajarah (pertumbuhan) itu, nyatalah (terbukalah) bagi keduanya tubuh mereka, dan segera menutupinya dengan daun-daunan di jannah (kebun itu). Tuhan mereka menyeru keduanya:”Bukankah AKU mencegahmu tentang syajarah (pertumbuhan) itu dan AKU katakan padamu bahwa setan itu adalah musuh yang nyata bagimu ?.

QS: An-nuur:21

. ۞ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ وَمَن يَتَّبِعْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ فَإِنَّهُ يَأْمُرُ بِالْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ ۚ وَلَوْلَا فَضْلُ اللَّهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهُ مَا زَكَىٰ مِنكُم مِّنْ أَحَدٍ أَبَدًا وَلَٰكِنَّ اللَّهَ يُزَكِّي مَن يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ [٢٤:٢١]

Wahai orang-orang beriman, janganlah mengikuti langkah-langkah setan. Dan siapa yang mengikuti langkah-langkah setan, maka sesungguhnya dia (setan itu) menyuruh dengan kekejian dan munkar (yang dibenci). Kalau tidaklah karunia Allah atasmu dan rahmat-NYA, tidaklah akan cerdas seorang dari kamu selamanya. Tetapi Allah mencerdaskan siapa yang DIA kehendaki. Dan Allah maha mendengar lagi maha mengetahui.

Maka kini dapatlah dijawab kenapa berpacaran dalam masyarakat islam dilarang:

  1. 1.   Berpacaran ialahperbuatan yang timbul dari dorongan syahwat dan kasih saying antara laki-laki dan perempuan hingga keduannya sama mencurahkan kehendak diri dengan ucapan dan tingkah laku diluar hukum, berupa suami istri yang tidak syah. Hal ini berarti mendekati zina yang dilarang allah. (QS:Al-Isra’:32)

QS: Al-Isra’:32

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا [١٧:٣٢]

Dan jangan mendekati zina, bahwa dia (zina itu) adalah kekejian dan garis hukum yang jahat.

  1. Kebiasaan berpacaran dapat menguranggi keingginan untuk menikah menurut hukum yang berlaku, karena sebagian dari kehendak syahwat telah dapat terpenuhi, padahal pernikahan sanggat dibutuhkan masyarakat manusia untuk keturunan bergenerasi.
  2. Berpacaran adalah perbuatan yang tidak resmi tetapi mungkin menjadi tradisi dalam masyarakat, berupa kebiasan kafir, padahal setiap rebuatan yang tidak resmi dalam hokum akan selalu menimbulkan kegelisahan  dan pertentangan berakhirdengan perbantahan dan kekecewaan.

Jadi larangan berpacaran dalam masyarakat islam bukanlah berupa pembatasan atau kungkungan bagi naluri manusia tetapi menjadi peraturan yang menguntungkan masyarakat untuk kemakmuran hidup bersama dan mencegah timbulnya kekacauan yang mungkin berlaku kini dan pada generasi mendatang.

nah, setelah kalian baca “kenapa orang dilarang pacaran ???” apa pendapat kamu? dan apakah kalian masih tertarik dengan pacaran…..??

Ok! gomapta karna kalian udah baca artikelku semoga bermanfaat…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s